Antusiasme Sambut Hari Jadi Kota Yogyakarta Ke-257

Category: Berita Madrasah Published: Tuesday, 01 April 2014 Written by Admin

Berbeda dengan hari-hari biasa, hari Senin 07 Oktober 2013 seluruh siswa, guru dan karyawan MTSN Yogyakarta II mengenakan pakaian adat Yogyakarta. Hal tersebut merupakan wujud dan antusiasme warga MTSN Yogyakarta dalam memperingati hari jadi Kota Yogyakarta ke-257 yang jatuh pada tanggal 07 Oktober 2013.

Dalam rangka memperingati hari jadi kota Yogyakarta tersebut, seluruh siswa, guru, dan karyawan MTSN Yogyakarta II menggelar upacara bendera. Yang berbeda dengan hari-hari biasa, upacara kali ini tidak menggunakan seragam putih biru melainkan mengenakan lengkap pakaian adat Yogyakarta. Para siswa, bapak/ibu guru dan karyawan khidmad dalam melaksanakan upacara. Bukan hanya kostum upacara saja yang berbeda, bahasa yang digunakan pun berbeda. Mulai dari protokol, doa, serta amanat inspektur upacara menggunakan bahasa jawa.

Kepala Madrasah, Drs. Djumadi selaku inspektur upacara membacakan sambutan Walikota Yogyakarta dalam bahasa Jawa. Beliau juga berpesan agar momentum ini dapat meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian adat dan kebudayaan jawa yang semakin terkikis oleh masuknya budaya barat.

Untuk memeriahkan acara, setelah upacara selesai dilanjutkan dengan kirab budaya keliling kecamatan Umbulharjo. Selain memeriahkan acara peringatan hari jadi Kota Yogyakarta, kirab budaya ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa MTSN Yogyakarta II adalah sebuah Sekolah berciri khas agama Islam yang juga menghargai budaya bangsa.